Beranda Wisata Wisata Pulau Rubiah

Wisata Pulau Rubiah

wisata di pulau rubiah
Sumber: piknikdong.com

Pulau Rubiah- Wilayah indonesia yang sebagian besar kepulauan mempunyai sejuta pulau yang sangat menawan dan eksotis. Karena itulah ada jutaan wisata pulau yang dijadikan sebuah tempat wisata.

Bahkan terdapat sebuah kawasan kepulauan yang khusus digunakan sebagai tempat wisata, entah wisata budaya maupun alam seperti Pulau Rubiah.

Dibalik keindahan alam dari pulau ini tersimpan sebuah kisah yang cukup menarik. Dahulu ada seorang ulama yang bernama tengku ibrahim.

Beliau adalah seorang tokoh agama yang paling berpengaruh terhadap penyebaran islam di aceh. Tengku ibrahim mempunyai istri yang bernama Siti Rubiah.

Suatu ketika tengku ibrahim sedang melakukan dakwah di pulau weh selama beberapa hari. Kemudian sang istri menyusul beliau ke pulau tersebut. Sayangnya terjadi pertengkaran yang menyebabkan pasangan suami istri tersebut berpisah.

Tengku ibrahim akhirnya menetap di salah satu daerah pulau weh. Sedangkan sang istri pergi ke seberang pulau kecil yang di utara pulau weh hingga ajal menjemput. Untuk mengenang sosok dari siti Rubiah, pulai ini diberi nama Pulau Rubiah.

Simak juga ulasan kami mengenai tempat wisata di aceh terbaru paling indah dan menarik.

Rute Menuju Pulau Rubiah

wisata pulau rubiah
Sumber: i.ytimg.com

Lokasi Pulau Rubiah berada di bagian utara pulau weh. Untuk menuju ke Rubiah dapat ditempuh dengan perjalanan melalui banda aceh, kemudian menyeberang laut.

Rute menuju Pulau Rubiah dari pelabuhan ulee lheue, banda aceh dengan kapal feri. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Rubiah sekitar ± 40 menit.

Sedangkan perjalanan dari iboih hanya memakan waktu sekitar ± 20 menit. Bahkan di iboih terdapat sebuah komunitas dari para driver boat yang akan mengantar para wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau weh atau Rubiah.

lihat juga: Pantai Lhoknga Aceh yang tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Pulau Rubiah

lokasi pulau rubiah
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Dalam wisata Pulau Rubiah, para pengunjung memang tidak dikenakan biaya kontribusi apapun. Tetapi hal ini bukan berarti wisata di pulau ini gratis sepenuhnya.

Kontribusi yang harus dikeluarkan para pengunjung berupa transportasi. Mengingat letak dari pulau jauh dari pusat kota dan harus menempuh perjalanan daratan serta lautan.

Tarif kapal dari pelabuhan ulee lheue menuju sabang sekitar 30.000 IDR – 50.000 IDR. Setelah berada di sabang juga harus menempuh perjalanan darat menuju ke iboih.

Untuk sampai ke iboih, pengunjung dapat memanfaatkan jasa sewa motor atau mobil dari warga setempat. Tarif rental motor mulai dari 60.000 IDR – 100.000 IDR, sedangkan untuk mobil sekitar ± 400.000 IDR.

Lalu di Rubiah juga terdapat jasa rental alat snorkling lengkap sebesar 40.000 IDR. Bagi yang hanya ingin mengelilingi pulau, dapat menyewa boat. Tarif sewa boat mulai dari 150.000 IDR – 300.000 IDR.

Hal yang menari dari boat yang akan disewakan adalah glass bottom boat. Sekilas boat ini seperti boat pada umumnya. Tetapi setelah menuju ke bawah boat terdapat dinding – dinding kaca yang membuat suasana kehidupan di bawah laut terlihat sangat jelas.

Simak juga ulasana kami tentang Pantai Iboih yang kami rekomendasikan untuk anda.

Fasilitas Pulau Rubiah

rute menuju pulau rubiah
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Berwisata di sebuah pulau tentu sangat identik dengan wisata snorkling dan berkeliling dengan sebuah boat. Maka dari itu fasilitas di Rubiah terdapat berbagai macam persewaan peralatan snorkling, diving, rental boat, fishing hingga sewa camera under water atau camera water resistant.

Untuk penyewaan dari camera water resistant, para pengunjung yang snorkling dapat mengabadikan moment di bawah air yang sangat jarang terjadi. Hal ini akan sangat membantu bagi yang memiliki smartphone yang belum dilengkapi features water resistant.

Selain jasa penyewaan, di pulau ini hanya terdapat sebuah pantai, sebuah cafe dan sebuah restoran. Namun bagi yang berniat bermalam, di pulau seberang yaitu pulai weh tersedia berbagai macam penginapan. View yang ditawarkan oleh hotel di sabang adalah area perlautan hindia lepas.

Sedangkan waktu operasional dari pulau ini setiap hari dan tidak ada batasan waktu apapun. Hanya saja waktu yang tepat untuk menikmati keindahan dari Rubiah pada siang hari.

Sebaiknya tidak berkunjung pada hari – hari besar, karena penduduk akan lebih memilih menyibukkan diri dengan berbagai tradisi turun temurun pada hari tertentu daripada melanyani wisatawan.

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Rubiah

Paket Snorkeling di Sabang
Sumber: i2.wp.com

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika berada di pulau ini. Salah satunya adalh berkeliling pulau dengan menyewa mobil atau mengelilingi pulau dengan boat. Ketika mengelilingi pulau, sebaiknya gunakan glass bottom boat.

Karena hanya dengan glass bottom boat dapat menyaksikan secara langsung kehidupan di bawah air. Sehingga pengunjung serasa berada di sebuah akuarium.

Sementara aktivitas favorit lainnya adalah snorkling dan diving. Lalu dapat juga mengabadikan momen di bawah laut dengan camera under water yang disewakan penduduk setempat.

Destinasi unggulan lainya yang kami sarankan untuk anda adalah Pantai Lampuuk Aceh dengan wisata alamnya.

Review tentang Pulau Rubiah akan menambah daya tarik wisata pulau nusantara. Jadi tidak hanya memusatkan wisata pulau hanya sebatas papua, nusa tenggara bahkan kepulauan seribu, tetapi juga Pulau Rubiah sebaiknya tidak dilewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here