Beranda Wisata 9 Makanan Khas Aceh Terbaik dan Terpopuler

9 Makanan Khas Aceh Terbaik dan Terpopuler

tempat makan di aceh
Sumber: thehealthsite.com

Makanan khas Aceh memang sudah terkenal akan cita rasa makanannya yang begitu nikmat dan lezat. Seperti yang diketahui orang Aceh begitu mencintai makanan, sehingga tidak heran jika disana banyak sekali di jumpai tempat makan mulai dari yang kaki lima hingga restoran besar.

Alasan mengapa makanan Aceh banyak disukai oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena adanya perpaduan antara budaya India, Arab, Spanyol, Hingga Belanda.

Cara memasak makanannya pun tidak di lakukan secara asal-asalan , tidak heran jika hasil dari masakan nya selalu nikmat dan lezat.

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan liburan ke Aceh, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba berbagai macam kuliner yang tersedia disana.

Daftar Makanan Khas Aceh

Nah bagi yang belum pernah liburan ke Aceh dan belum tahu makanan apa saja yang paling populer. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Aceh dan keunikannya yang harus Anda coba karena sudah terkenal akan kelezatan nya.  Apa saja kuliner nya? Simak ulasannya dibawah ini

Ayam Tangkap

makanan khas provinsi aceh
Sumber: cdn2.tstatic.net

Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Aceh tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ayam Tangkap merupakan salah satu makanan khas Aceh yang sudah sangat populer dan selalu dipesan oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Aceh.

Kuliner khas Aceh ini terbuat dari daging ayam yang dipotong ukuran kecil lalu direndam kedalam bumbu yang berasal dari campuran berbagai rempah-rempah yang kemudian digoreng dengan daun pandan, cabai hijau, dan daun temurui.

Di namakan ayam tangkap karena cara memakan kuliner ini cukup unik yaitu harus mengorak-arik daun dan cabai hijau yang menutupi bagian ayam untuk menemukan daging ayamnya.

Bagi Anda yang tertarik menikmati hidangan yang satu ini, Anda bisa menemukan hidangan ini hampir di seluruh tempat makan di Aceh. Jadi jangan sampai tidak mencobanya ya!

Simak juga ulasan kami mengenai wisata di aceh terbaru yang kami rekomendasikan untuk anda.

Kuah Beulangong

kuliner khas aceh
Sumber: cdn2.tstatic.net

Menu kuliner kedua yang tidak kalah dengan kuliner ayam tangkap adalah Kuah Beaulangong. Seperti yang diketahui kuah kari Aceh sudah sangat terkenal akan kelezatan nya. Kuah Beaulangong merupakan salah satu hidangan khas aceh yang terbuat dari kari.

Beaulangong sendiri merupakan sebutan untuk sebuah belangga berukuran besar yang digunakan untuk memasak kari. Menu ini menjadi salah satu hidangan yang memiliki aroma sedap dari racikan bumbu dan rempah-rempah yang begitu pas dan nikmat.

Perlu diketahui hidangan yang satu ini sangat cocok ditemani dengan minuman es mentimun yang berfungsi untuk menetralisir kadar kolesterol yang berasal dari daging.

Mie Aceh

Mie khas Aceh
Sumber: media.foody.id

Mie Aceh adalah salah satu makanan tradisional Aceh yang sangat terkenal hingga mancanegara. Sama halnya sajian mie pada umumnya, hidangan yang satu ini bisa dinikmati dengan dua cara yaitu dengan digoreng atau direbus.

Mie Aceh ini sangat terkenal karena memiliki cita rasa khas yang tidak bisa ditemukan ditempat lainnya. Terbuat dari berbagai bahan dan rempah pilihan membuat aroma yang disajikan begitu nikmat dan menggiurkan. Biasanya hidangan ini disajikan dengan daging yang dicincang, kepiting dan udang yang diletakkan diatas mie nya.

Kue Bhoi

Kue Bhoi camilan khas Aceh
Sumber: awsimages.detik.net.id

Puas menikmati beberapa hidangan berat, sajian kuliner Aceh lainnya yang wajib untuk Anda coba adalah Kue Bhoi. Kue ini menjadi salah satu kue kering khas aceh yang biasa dibawa oleh masyarakat Aceh saat berkunjung ke sanak famili atau tetangan.

Memiliki bentuk yang cukup unik dengan rasa yang lezat membuat para wisatawan tertarik membelinya untuk dibuat oleh-oleh atau buah tangan saudara di rumah.

Anda bisa menemukan berbagai varian Kue Bhoi ini di toko oleh-oleh yang tersedia di Aceh. Pastikan jangan sampai lupa ya!

Kue Timpan

Kue Tradisional Aceh
Sumber: cdn2.tstatic.net

Jika dilihat secara sekilas, cemilan khas aceh ini hampir sama seperti kue lepat. Makanan yang satu ini bertekstur lembek yang dibalut dengan daun pisang muda yang isinya srikaya atau kelapa pada bagian tengah kue nya.

Kue basah khas Aceh ini biasanya bisa dijumpai pada saat lebaran saja, yaitu lebaran idul fitri dan idul Adha. Kue timpan sendiri biasanya bisa bertahan hingga kurang lebih satu minggu.

Bagi Anda yang ingin mencoba kue yang satu ini bisa mencarinya di beberapa tempat atau toko yang menjual oleh-oleh khas dari Aceh.

Martabak Aceh

cemilan khas aceh
Sumber: awsimages.detik.net.id

Makanan yang cukup populer selanjutnya adalah Martabak Aceh. Berbeda dari martabak-martabak pada umumnya, keunikan dari Martabak Aceh ini berbahan dasar dari roti cane.

Jika dilihat sekilas mungkin terlihat seperti telur dadar biasa namun martabak ini lebih tebal karena berisi campuran telur, daging sapi, atau daging ayam. Hidangan khas Aceh yang satu ini memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas.

Mie Jalak Sabang

makanan tradisional aceh
Sumber: nusantaranews.co

Memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna pucat Mie Jalak Sabang merupakan salah satu masakan khas Aceh utara yang begitu lezat dan nikmat.

Dilengkapi dengan kuah kaldu yang bening dan rasa yang gurih serta dilengkapi dengan potongan daging yang dicincang, telur rebus dan ditambah dengan tauge di bagian atas mie.

Hidangan yang satu ini sangat nikmat bila disajikan ketika hujan-hujan pada sore atau malam hari.

Ungkot Kemamah

kuliner khas aceh dan keunikanya
Sumber: daftarmenumasakan.web.id

Selanjutnya makanan Aceh yang wajib dicicipi yaitu Ungkot Kemamah. Ungkot Kemamah sendiri merupakan masakan asli Aceh yang memiliki cita rasa yang begitu menantang.

Hidangan yang satu ini terbuat dari ikan tuna yang dikeringkan dan kemudian dicincang.

Ikan kemamah ini biasanya dimasak dengan bahan-bahan seperti santan kelapa, cabai hijau, kantang dan bahan pelengkap lainnya. Ungkot Kemamah merupakan jenis masakan yang sudah popular sejak zaman penjajahan Belanda dan memiliki keunikan pada proses memasaknya.

 Rujak Aceh

wisata Kuliner Aceh
Sumber: nengsyera.files.wordpress.com

Satu lagi sajian khas Aceh yang patut untuk di coba adalah Rujak Aceh. Hampir sama dengan hidangan rujak pada umumnya, rujak ini terbuat dari berbagai macam buah seperti mangga, kedondong, bengkuang, nanas, pepaya dan masih banyak lagi.

Bumbu yang dipakai juga hampir mirip yaitu terbuat dari cabai rawit, gula, pisang, kacang, asam jawa dan garam. Nah salah satu keunikan dari hidangan yang satu ini yaitu terletak pada proses pembuatannya yang dibuat dalam tempat ulekan yang memiliki ukuran cukup besar.

Jika bisa diperkirakan kemungkinan dapat menampung sekitar 50 porsi dalam satu tempat. Gimana, unik sekali bukan?

Bagi Anda yang sedang berkunjung atau berencana untuk liburan ke Aceh, pastikan untuk menikmati beberapa sajian khas Aceh yang sudah disebutkan di atas.

Jangan khawatir karena Anda bisa menemukan sajian menu populer tersebut di berbagai restoran di aceh. Penasaran gimana rasanya? Pastikan untuk mencobanya ya!

selain makanan khasnya, ada juga wisata kuliner aceh yang bisa juga untuk dicoba.

Itulah beberapa makanan khas Aceh yang wajib untuk Anda cicipi. Nikmati liburan yang menyenangkan dengan mencicipi berbagai sajian kuliner kota Serambi Mekkah yang begitu lezat dan menggiurkan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here