Beranda Edukasi Apa itu Junk Food, Ciri, dan Perbedaannya dengan Fast Food

Apa itu Junk Food, Ciri, dan Perbedaannya dengan Fast Food

apa itu junk food
Sumber: waktuku.com

Banyak orang mendeskripsikan junk food sebagai makanan yang tidak sehat. Beberapa makanan siap saji seperti McDonald dikatakan sebagai junk food.

Ada pula yang mengatakan junk food merupakan makanan siap saji. Apakah junk food itu? Di artikel ini, kita akan bahas selengkapnya tentang apa itu junk food.

Apa Sebenarnya Junk Food Itu?

Junk food diambil dari kata bahasa Inggris. Junk berarti sampah dan food berarti makanan. Tetapi tentu, junk food bukan berarti makanan sampah. Secara umum, pengertian junk food adalah makanan yang kurang sehat atau memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat sedikit. Biasanya juga, junk food merupakan makanan yang sangat tinggi kadar lemaknya. Maka, sering sekali orang menjadi gendut atau menderita obesitas jika sering menderita junk food.

Baca juga: Apa itu HAM, Pengertian, Sejarah, dan Contoh Pelanggarannya

Perbedaan Junk Food dan Fast Food
Sumber: hips.hearstapps.com

Apa Perbedaan Junk Food dan Fast Food?

Pada dasarnya, junk food dan fast food itu sangatlah berbeda. Junk food belum berarti fast food dan fast food juga bukan selalu berarti junk food. Memang, biasanya fast food sering dideskribsikan sebagai junk food. Di Indonesia, fast food dikenal sebagai makanan siap saji.

Jadi, secara umum, pengertian fast food adalah makanan yang disajikan dengan cepat dengan bahan-bahan baku yang sudah jadi dan hanya digabungkan. Jadi, bahan-bahan baku fast food sudah diolah sebelumnya. Ketika ada pembeli yang memesan, fast food hanya perlu sedikit pengolahan makanya waktu pengolahannya sangat cepat.

Lalu, jika junk food sudah pasti makanan yang tidak sehat, tidak semua fast food itu merupakan makanan yang tidak sehat. Toh, ada beberapa fast food yang dikenal sebagai makanan yang cukup sehat bahkan makanan vegetarian.

Apa contohnya? Contoh junk food sebagai makanan yang tidak sehat adalah kentang goreng dan hambuger. Kedua makanan tersebut sangat tinggi kadar lemaknya. Sedangkan ada fast food yang sehat seperti salad. Tetapi ada juga makanan fast food yang juga merupakan junk food seperti mi instan, burger daging, sarden dan makanan instan lainnya. Baca terus untuk tahu apa itu junk food dan ciri-cirinya.

Artikel lainnya: Apa itu Autocad, Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya

ciri ciri junk food
Sumber: images.theconversation.com

Apa saja ciri ciri junk food

  • Junk food memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Bisa dibayangkan jika kita terus-terusan mengkonsumsi makanan tinggi gula setiap hari, kita bisa saja mendertia diabetes di masa yang akan datang.
  • Memiliki kadar garam yang tinggi. Memang, yodium itu sehat dan kekurangan yodium bisa menyebabkan timbulnya suatu penyakit. Tetapi jika makanan yang kita konsumsi selalu kebanyakan garam, maka itu bisa berakibat buruk bagi tekanan darah kita sebagai seorang manusia
  • Bahan-bahan makanan diproses dengan bahan kimia. Contohnya adalah kue. Di Indonesia, tidak jarang bahan-bahan kue diproses dengan dicampur dengan bahan kimia. Salah satu contohnya adalah baking soda. Di Australia, baking soda hanya digunakan untuk membersihkan toilet karena zatnya yang sangat keras. Sedangkan di Indonesia kita makan itu baking soda. Nah, itu tidak sehat ya.
  • Makanan yang kotor. Misalnya adalah street food di jalanan. Tak jarang street food di Indonesia diproses dengan cara kotor misalnya tempat memasak yang tidak bersih.

Kesehatan kita secara garis besar ditentukan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Jika makanan yang kita konsumsi tidak sehat seperti junk food, maka ada kemungkinan kita akan menderita penyakit parah di masa yang akan datang. Maka dari itu, mulailah menyeleksi makanan yang anda konsumsi atau bahkan mengkonsumsi makanan organik. Begitulah pentingnya mengetahui apa itu junk food.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here