Beranda Edukasi Apa itu Insomnia, Pengertian, Gejala, Penyebab, Akibat, Cara Mengatasi

Apa itu Insomnia, Pengertian, Gejala, Penyebab, Akibat, Cara Mengatasi

Apa itu insomnia
Sumber: i1.wp.com

Apa itu insomnia? jika belum paham, pernahkah teman anda curhat seperti berikut :
Rif, gue susah tidur nih setiap malam sebulan terakhir, gue baru bisa tidur jam 4. Itu pun bangunnya jam 6. Sekarang gue pusing banget ngantuk tapi masih aja gabisa tidur. Bingung gue harus gimana,” Ujar Ardi kepada Arif. Lalu Arif menjawab, “Lu insomnia kali Di, coba deh lo periksa ke psikolog. Mungkin dia bisa bantu.” Begitulah insomnia, gejala yang sangat tidak enak dialami.

Pengertian Insomnia

Apa yang Dimaksud dengan Insomnia, Insomnia merupakan suatu gangguan kesehatan dan psikologis yang bergejala susah tidur bagi si penderta. Insomnia bukanlah sebuah penyakit yang disebabkan oleh gangguan atau sakit fisik. Melainkan insomnia merupakan gangguan psikologis.

Penderita insomnia bisa saja tidak merasakan mengantuk sama sekali dan tidur pun tidak pulas serta hanya sebentar. Di sisi lain, ada pula penderita insomnia yang sudah merasakan mengantuk tetapi tetap susah tidur dan merasakan sakit kepala.

Baca juga: Apa itu Inflasi, Pengertian, Penyebab, dan Dampak yang Ditimbulkan

Gejala Insomnia
Sumber: s.hswstatic.com

Apa Gejala Insomnia?

Pada dasarnya, gejala insomnia merupakan kesusahan untuk tidur. Penderita akan sangat sering terjaga di malam hari hingga dini hari. Tentu saja, pada akhirnya akan tertidur tetapi proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

Waktu tidur pun hanya sebentar. Maka, wajar jika penderita insomnia sering merasakan kelelahan di siang hari. Jika kamu merasakan sulit tidur dalam beberapa waktu saja, jangan katakan bahwa itu insomnia.

Karena ini penyakit psikologis, jadi bisa mensugesti. Nyatanya, insomnia merupakan pola susah tidur yang sudah dialami dalam waktu cukup lama.

Penyebab Insomnia
Sumber: cdn-img.health.com

Penyebab Insomnia

Ada banyak kemungkinan penyebab insomnia pada seseorang. Tetapi tentunya faktor psikologis adalah faktor utama penyabab dari insomnia. Bisa saja, seseorang penderita sedang menghadapi banyak masalah yang membuatnya memikirkan hal tersebut terus-menerus.

Pola hidup seperti ini bisa menciptakan gangguan insomnia pada seseorang. Lalu, orang yang patah hati atau baru saja kehilangan orang yang dicintai juga bisa menjadi penyebab insomnia.

Kebiasaan bergadang juga bisa menjadi penyebab insomnia. Tetapi tentunya hal ini merupakan insomnia ringan saja. Di sisi lain, orang yang mengkonsumsi narkoba dalam rentang waktu yang cukup lama juga sangat rentan terkena gangguan dan gejala insomnia.

Maka dari itu, jagalah pola hidup sehat terhadap dirimu untuk menghindari gangguan psikologis seperti ini. Baca terus untuk tahu Apa itu insomnia.

Artikel lainnya: Apa itu Implementasi, Maksud, Tujuan, dan Contoh dalam Kehidupan

Akibat Insomnia
Sumber: supermumpreneur.com

Apa Akibat Insomnia?

Insomnia sangat berdampak buruk bagi si penderita baik itu dari segi kesehatan atau dari segi kehidupan sehari-hari. Untuk kesehatan, orang yang insomnia dan jarang tidur cenderung memiliki usia yang lebih pendek.

Menurut penelitian yang dlakukan oleh American Cancer Society, orang yang tidur kurang dari 5 jam memiliki rasio kematian yang sangat tinggi.

Jika dilihat dari sisi kehidupan sehari-hari, penderita insomnia akan menjadi kurang produktif daripada orang yang memiliki pola tidur normal. Pola tidur normal juga membuat otak bekerja lebih aktif dan kreatif di pagi harinya.

Cara Mengatasi Insomnia
Sumber: cdn.hellosehat.com

Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia?

Karena insomnia merupakan penyakit psikologis, ada banyak cara dan obat alami insomnia untuk mengatasinya. Jika insomnia sudah akut, maka cobalah untuk konsultasikan ke psikolog. Selain itu, cobalah dengan melakukan olahraga setiap harinya dan makan makanan yang sehat dan tidak berlemak.

Perbanyak sayuran dan makanan yang segar nan organik. Secara psikologi, kurangilah stress dan perbanyaklah berpikir positif. Jika memiliki masalah, hadapilah dengan lapang dada dan dengan keberanian karena pada akhirnya semua akan baik-baik saja.

Apa itu insomnia bukanlah hal yang pantas diremehkan. Maka dari itu, kita harus membuat diri kita selalu dikelilingi dengan hal positif agar tidak menderita gangguan psikologis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here