Beranda Istilah Apa itu Customer Service, Tujuan, Tugas, dan Syarat Menjadi CS

Apa itu Customer Service, Tujuan, Tugas, dan Syarat Menjadi CS

Apa itu Customer Service, Tujuan, Tugas, dan Syarat Menjadi CS
Sumber: trainerbubble.com

Apa itu customer service? Pada dasarnya, pengertian customer service menurut para ahli adalah suatu kegiatan dari sebuah perusahaan untuk melayani pelanggan, mendengarkan keluhan pelanggan, memastikan kepuasan pelanggan ataupun menyelesaikan masalah dengan pelanggan.

Pelayanan bisa dengan bentuk mendengarkan keluhan pelanggan ataupun mengapresiasi pelanggan. Jika perusahaan memiliki masalah dengan pelanggan, maka customer servicelah yang menyelesaikan masalah tersebut dengan pelanggan.

pengertian customer service menurut para ahli
Sumber: livingstonlearning.edu.my

Apa tujuan customer service?

Kegiatan ataupun departmen customer service memiliki satu tujuan inti, yaitu membuat seorang pelanggan tetap berbisnis dengan perusahaan tersebut.

Jadi, apapun bentuknya, apapun yang dilakukan dan apapun masalah yang diatasi, tanggung jawab customer service adalah membuat pelanggan bertahan. Keberadaan customer service sangat penting untuk membuat perusahaan bertahan dan berkembang.

Jika tidak ada customer service, maka akan lebih sulit untuk menyelesaikan masalah dengan pelanggan. Pada akhirnya, pelanggan pun akan pindah ke perusahaan atau vendor lain. Baca terus untuk mengetahiui lebih banyak apa itu customer service.

Baca Juga: Apa itu Demokrasi, Sejarah, Ciri, Jenis, dan Implementasinya di Indonesia

tujuan customer service
Sumber: bluearrow.co.uk

Apa saja tugas customer service di perusahaan?

Ada beberapa pembagian dari tugas customer service di suatu perusahaan. Berikut pembagiannya.

  1. Sebagai komunikator sebuah perusahaan. Biasanya customer service ini bisa dihubungi melalui telepon jika akan ada keluhan atau ada pertanyaan dari seorang pelanggan terhadap suatu hal di perusahaan tersebut. Customer service ini harus mengetahui informasi apapun mengenai perusahaan. Lalu, harus bisa menjadi pendengar yang baik agar bisa mengerti keluhan dan apa yang diinginkan oleh pelanggan.
  2. Customer service penerima tamu. Jika ada tamu atau relasi perusahaan yang datang, maka customer service ini lah yang akan menyambut mereka dan berbicara dengan mereka seraya menunggu. Informasi tentang pertemuan pun harus disampaikan dengan jelas terhadap si tamu.
  3. Customer service yang bertujuan untuk menjaga relasi dengan pelanggan. Biasanya disebut sebagai customer relations office. Customer service ini harus bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan dan masalah pelanggan terselesaikan dengan baik.

Artikel Lainnya: Apa itu Fintech, Sejarah, Tujuan, dan Klarifikasinya Menurut BI

manfaat customer service
Sumber: sys2k.com

Apa saja syarat untuk menjadi customer service?

Ada beberapa syarat atau kualifikasi yang harus dimiliki seseorang untuk bisa menjadi seorang customer service yang baik. Ada dua jenis syarat, yaitu fisik dan mental.

Untuk syarat fisik, seseorang harus bisa menjadi good looking. Ingat, good looking bukan berarti tampan atau cantik. Tetapi berarti seseorang tersebut memiliki attitude yang baik dan postur tubuh yang baik pula. Lalu, tentunya harus sehat dan selalu senyum agar bisa menyebarkan aura positif terhadap orang lain.

Lalu ada pula yang dinamakan sebagai syarat mental. Syarat mental adalah seseorang harus memiliki mental untuk menyelesaikan masalah dengan pelanggan.

Disini bukan berarti mental kuat dan berani. Hal itu kurang tepat. Tetapi mental menjadi pendengar yang baik, menenangkan orang lain dan tentunya menyelesaikan masalah untuk win-win solution dengan seorang pelanggan. Begitulah manfaat customer service di suatu perusahaan.

Customer service seringkali menjadi salah satu ujung tombak suatu perusahaan. Customer service yang tidak bisa bekerja dengan baik akan berakibat buruk bagi suatu perusahaan. Pelanggan akan menjauh, jera, dan pindah clien bisnis dengan perusahaan lain.

Sebaliknya, jika customer service dapat bekerja dengan baik, maka pelanggan akan lebih percaya kepada perusahaan dan tentunya akan terus berbisnis dengan perusahaan tersebut. Pada akhirnya, keuntungan perusahaanlah yang meningkat.

Jika kamu memiliki kemampuan sosial yang tinggi dan paham kepribadian lalu bisa menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat, maka kamu pantas menjadi seorang customer service layaknya apa itu customer service.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here