Beranda Edukasi Apa itu Arsitektur, Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, dan Perkembangannya

Apa itu Arsitektur, Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, dan Perkembangannya

Apa itu Arsitektur, Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, dan Perkembangannya
Sumber: 2.bp.blogspot.com

“Eh san, lihat deh arsitektur rumah itu bagus banget”, ujar Ardi terhadap Irsan. Irsan pun menjawab, “Iya di, gue suka banget tuh arsitektur gaya Mesir seperti itu. Unik dan beda banget dari yang di negara ini. Setiap detailnya juga mempunyai maknanya sendiri Di.” Dilihat dari percakapan tersebut, arsitektur sangat terkait dengan gaya bangunan. Tapi, apa sebenarnya makna dan pengertian apa itu arsitektur? Hal ini akan kita kupas dengan dalam di artikel ini.

Pada dasarnya, makna arsitektur berbeda-beda terutama dari perspektif para ilmuan. Tetapi pertama, kita gali dulu makna arsitektur secara bahasa. Pada dasarnya, seni arsitektur adalah seni tentang perancangan sebuah bangunan baik itu rumah, gedung atau tempat tertentu.

Lebih luas lagi, arsitektur adalah seni dari seseorang yang mengimajinasikan dirinya dalam membuat sebuah bangunan. Jadi, setiap seni yang berupa bentuk, interior maupun relief pada suatu bangunan disebut sebagai arsitektur.

Artikel Lain: Apa itu Ekuitas, Bagaimana Perhitungannya, Macam, dan Bedanya dengan Modal

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli
Sumber: desaininterior.me

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Dalam hal ini, kami mengambil perspektif dari dua ahli arsitektur yaitu Claudil dan Robert Gutman.

Menurut Claudil, “arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia pada area dan bentuk.

Sedangkan menurut Robert Gutman, “arsitektur adalah suatu lingkungan memproses yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan, namun juga sebagai wahana ekspresi kultural untuk menyesuaikan kehidupan jasmaniah dan psikologis.”

Sejarah Arsitektur
Sumber: upload.wikimedia.org

Sejarah Arsitektur

Tentu, seperti halnya dengan seni lainnya, seni arsitektur pun memiliki sejarah yang panjang dari ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Sebenarnya, arsitektur sudah ada dari zaman pra sejarah. Tetapi dominannya, seni arsitektur yang spesifik menciptakan sebuah gaya dimulai dari zaman peradaban Mesir kuno yang bisa kita lihat di bentuk piramida, kuil dan Sphinx.

Mulai dari zaman itu, manusia mulai menciptakan bangunan yang besar dan tinggi dan memiliki gaya atau seni arsitektur tertentu pula. Dan dari zaman itu juga setiap arsitektur sudah memiliki maknanya masing-masing. Baca terus untuk mengetahui Apa itu arsitektur.

Setelah era Mesir kuno, era baru arsitektur dimulai di era klasik yaitu di masa kejayaan kerajaan Romawi di Eropa. Di era ini, bangunan mulai dibangun dengan gaya yang lebih detail dan tentunya memiliki makna yang lebih dalam. Seni-seni arsitektur pun mulai dipelajari di pendidikan karena Romawi adalah bangsa yang memulai peradaban modern. Mulai dari era ini juga, seni arsitektur mulai berkembang ke seluruh dunia.

Di era sekarang yaitu era modern, seni arsitektur sudah memasuki babak baru yaitu arsitektur komputer. Apa itu arsitektur komputer? Arsitektur komputer adalah desain arsitektur yang dibuat melalui sistem atau perangkat lunak komputer. Dari situlah segala perancangan bangunan dibuat beserta perhitungan-perhitungannya. Lalu, apa itu desain arsitektur? Desain arsitektur adalah gaya atau ciri dari arsitektur yang dibuat.

Baca Juga: Apa itu Demografi, Menurut Ahli, dan Perbedaannya dengan Kependudukan

apa itu desain arsitektur
Sumber: sewarchitecture.files.wordpress.com

Desain Arsitektur

Desain arsitektur juga merupakan rancangan yang dibuat di komputer sebelum sebuah bangunan mulai dibangun. Dulu, fungsi arsitektur adalah sebagai makna filosopis yang ditunjukkan oleh suatu bangsa.

Tetapi sayangnya, sekarang fungsi filosopis ini mulai berkurang dimana banyak seni arsitektur hanya fokus kepada keindahan semata. Contoh arsitektur yang bermakna bisa kamu lihat di bangunan-bangunan lama Jawa yang sangat sarat akan makna.

Apa itu arsitektur sangat penting untuk kita pahami. Terutama jika kamu adalah orang yang suka berpetualang dan mengunjungi tempat-tempat baru. Cobalah memperhatikan arsitektur dari bangunan di berbagai tempat. Niscaya kamu akan menemukan banyak perbedaan yang menarik dan tentunya sarat akan makna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here